Lima planet akan berbaris di langit pada Agustus

Lima planet akan berbaris di langit pada Agustus : Selamat siang kawan-kawan blogger semua bagaimana nih kabar kalian semua disiang  yang cerah dan panas ini,semoga di hari ini di awal agustus yang cerah ini kalian semua selalu sehat dan semangat dalam menjalani segala aktivitas kalian yang padat,terutama bagi kalian yang sekarang dalam keadaan kerja semoga kalian selalu semangat dalam menjalani kerja dan aktivitas kalian,siang ini admin akan share berita terbaru di bulan Agustus untuk kalian semua,berita terbaru ini menyangkut pautkan dengan alam semesta dan bumi kita.

Lima planet akan berbaris di langit pada Agustus : Perubahan pada alam memanglah kerap terjadi semua itu terjadi karena memang sudah pada waktunya seperti yang sudah di terliti oleh para peneliti bahwa pada bulan agustus ini akan terjadi fenomena alam yang sangat langka yang mungkin kita semua bisa menyaksikan fenomena tersebut,jadi siang ini admin akan share berita terkini untuk kalian semua tentang kejadian alam yang akan terjadi pada bulan agustus ini,selamat membaca semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga : Lubang Hitam Bisa Tumbuh Sebesar 50 Miliar Matahari

Para pengamat langit dan jagat raya, bersiaplah. Bulan ini Agustus akan terjadi fenomena astronomi yang sangat langka dan bisa diamati dengan mata telanjang dari Bumi.Pada bulan Agustus ini, lima planet di Tata Surya --Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus -- akan menampakkan diri merka akan berada dalam satu garis sejajar lurus dan mereka bisa diamati dari Bumi dengan mata telanjang beberapa saat setelah Matahari terbenam.Atau pada waktu senja menjelang malam akan tiba.Saat menuju Magrib.Kalian semua tidak perlu menggunakan alat bantu seperti teleskop ataupun kacamata untuk melihat kejadian langka ini,kalian hanya perlu keberuntungan saja agar dapat melihat kejadian langka ini.

Waktu untuk mengamati kejadian langka ini sangat berbeda-beda.Namun para ahli mengatakan bahwa kejadian langka ini bisa dilihat dengan jelas berkisar Tanggal 13-19 Agustus.Posisi yang paling baik adalah di daerah selatan Khatulistiwa.Ini adalah yang  kedua kalinya,kelima planet tersebut bertemu dan tampak dalam posisi sejajar pada tahun ini, setelah sebelumnya terjadi pada Februari bulan lalu.fenomena tersebut bisa terjadi karena pada saat itu pada waktu yang sama susunan planet sistem Tata Surya mirip seperti cincin atau piringan hitam yang datar dan lurus. Oleh karenanya, jika dari Bumi melihat ke angkasa, kita dapat menyaksikan fenomena berbarisnya planet-planet tersebut dalam satu garis lurus yang sama, atau dikenal dengan sebutan ecliptical plane.

Semua orang dapat melihat kejadian langka ini dengan jelas,dan mata telanjang karena planet ini sangat terang dan jelas,tantangannya hanya bagaimana kalian bisa melihat planet Merkurius dan Venus?planet yang sangat dekat dengan matahari tentunya kalian tidak akan bisa melihat planet tersebut karena sinar dan cahaya dari matahari,namun solusinya adalah,kalian bisa melihat planet tersebut paling baik tanggal 18Agustus malam karena pada saat itu terjadi bulan Purnama dan sinar bulan akan menerangi planet tersebut.Namun semua kembali seperti di awal semua tergantu anda berada di posisi mana saat mengawasi fenomena langka tersebut.

Baca JugaAda Lubang Raksasa Tumbuh di Permukaan Matahari

Untuk melihat planet tersebut diusahakan kalian melihat di tanah lapang yang cakrawala timur dan cakrawala baratnya tidak tertutup oleh gedung atau pepohonan yang tinggi,Setelah itu berharaplah cuaca terang dan cerah,dan usahakan mata kalian sehat karena jarak kiloan meter membuat planet tersebut seperti bintang yang cahayanya tidak berkelap kelip.Indonesia adalah salah satu lokasi paling tepat untuk menyaksikan keadaan dan fenomena tersebut.Berikut adalah rincian dari urutan planet yang akan terlihat dari Juli hingga akhir Agustus, dari arah timur ke barat.

Saturnus
Planet bercincin ini akan berada di sisi paling timur dalam barisan lima planet Tata Surya. Saturnus akan bersinar di magnitudo 0,4 di rasi bintang Ophiuchus. Saturnus nampak bagai bintang kuning keemasan terang yang cahayanya konstan (tidak berkerlap-kerlip) dalam pandangan mata telanjang.Untuk melihat cincinnya, dibutuhkan teleskop dengan pembesaran minimal 80 kali. Saturnus juga akan berada di sebelah Mars pada 24 Agustus 2016.

Mars
Muncul tinggi ke selatan di konstelasi Libra pada senja hari, Mars bersinar pada magnitudo -0,9. Ia akan nampak bagai bintang merah paling terang yang cahayanya konstan di langit.

Jupiter
Memiliki posisi di konstelasi Leo, Jupiter bersinar di magnitudo -1,6. Planet terbesar di Tata Surya ini akan terletak sekitar 20-30 derajat di atas cakrawala barat daya beberapa menit sekitar Matahari terbenam.

Venus
Beberapa bulan terakhir ini Venus perlahan mulai terlihat dari belakang Matahari dalam pandangannya dari Bumi. Venus perlahan-lahan muncul rendah di cakrawala barat saat senja dan akan muncul kembali di langit malam menjelang akhir tahun 2016 sampai awal 2017.Dengan mata telanjang, Venus nampak bagai bintang paling terang di atas ufuk barat. Dalam pandangan teleskop, Venus akan terlihat dalam fase sabit.

Merkurius
Planet ini memiliki kedudukan paling barat dalam barisan lima planet Tata Surya kali ini. Merkurius akan mencapai elongasi tertinggi di langit barat pada 16 Agustus 2016.

0 Response to "Lima planet akan berbaris di langit pada Agustus"

Post a Comment